istilah-istilah dalam penelitian


A. Istilah yang berkaitan dengan Research Problem:
1. Rumusan Masalah adalah:
a. Berisi implikasi adanya data untuk memecahkan masalah
b. Jelas dan padat
c. Dinyatakan dalam bentuk pertanyaan
d. Dasar dari pembuatan hipotesis
2. Identifikasi Masalah: mengidentifikasi semua masalah yang ada dan dibuat dalam bentuk kalimat tanya.
3. Latar Masalah: terdapat masalah, isi, dan menjelaskan tentang fakta serta penyimpangan fakta, di mana penyimpangan fakta harus didukung dengan teori yang ada. Ada dua jenis masalah dalam penelitian: a. Masalah praktis yaitu yang berkaitan dengan kegiatan praktis di lapangan; b. masalah teoritis yaitu berhubungan dengan masalah penyajian teori, terdiri dari perkembangan terakhir dari suatu bidang tertentu, dan pengembangan teori dengan jalan membandingkan teori baru dengan teori sekarang.
4. Manfaat penelitian: perlu dikemukakan secara singkat dan jelas pentingnya penelitian atau manfaat apa yang bisa dipetik dari temuan penelitian ini. Manfaat penelitian ini terutama sekali bagi perkembangan ilmu dan teknologi atau bagi pelaksanaan pembangunan dalam arti luas. Dari uraian dalam bagian ini diharapkan dapat disimpulkan oleh pembaca bahwa penelitian terhadap masalah yang dipilih memang layak untuk dilakukan.

B. Istilah yang berkaitan dengan:
1. Populasi adalah benda atau manusia atau hal yang menjadi sumber pengambilan sampel. Atau sekumpulan yang memenuhi syarat-syarat tertentu berkaitan dengan masalah penelitian.
Sampel adalah bagian dari populasi, yaitu suatu prosedur di mana hanya sebagian dari populasi saja yang diambil dan pergunakan untuk menentukan sifat serta ciri yang dikehendaki dari populasi.
2. Responden adalah penjawab atas pertanyaan yang diajukan untuk kepentingan penelitian.
a. Hipotesis adalah dugaan atau jawaban sementara terhadap hasil penelitian; terdiri dua macam: 1)Hipotesis nul/Hipotesis statistic (Ho) ditandai dengan hasil yang selalu menidakkan; 2)Hipotesis Alternatif (Ha), selalu mengiyakan/menyatakan ada hubungan.
3. Sumber Data:
a. Data primer: data yang diperoleh langsung dari responden dari hasil setelah penelitian dilakukan. Data primer dapat dilakukan dengan cara:
1) Observasi: cara pengambilan data dengan menggunakan mata tanpa ada pertolongan alat standar lain untuk keperluan tersebut.
2) Wawancara: proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara tanya jawab, sambil bertatap muka antara si penanya atau pewawancara dengan si penjawab atau responden dengan menggunakan alat yang dinamakan interview guide (panduan wawancara).
3) Questioner: teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan tertulis kepada responden untuk dijawab. Data yang dihasilkan bisa data yang kualitatif dan kuantitatif.
b. Data sekunder adalah data yang diperoleh dari dokumentasi sebelumnya.

C. Istilah yang berkaitan dengan Pengumpulan Data:
1. Instrument Penelitian adalah alat bantu yang digunakan peneliti untuk mengumpulkan data.
a. Daya Pembeda adalah kemampuan suatu soal untuk membedakan siswa mampu suatu soal untuk membedakan siswa yang pandai dengan siswa yang bodoh atau berkemampuan rendah;
b. Daya Pengecoh adalah suatu pola jawaban soal sebagai distribusi taste dalam hal menentukan pilihan jawaban pada soal bentuk pilihan ganda.
c. Variabel adalah sesuatu yang dapat berubah, factor/ unsur yang ikut menentukan perubahan penelitian. 1)variabel bebas: variabel yang diperkirakan akan berpengaruh terhadap variabel lain. 2)variabel terikat: gejala yang muncul atau berubah dalam pola yang teratur dan biasa diamati atau variabel yang dipengaruhi oleh variabel bebas.

D. Istilah yang berkaitan dengan:
1. Teknik-teknik,
a. Observasi: cara pengambilan data dengan menggunakan mata tanpa ada pertolongan alat standar lain untuk keperluan tersebut.
b. Wawancara: proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara tanya jawab, sambil bertatap muka antara si penanya atau pewawancara dengan si penjawab atau responden dengan menggunakan alat yang dinamakan interview guide (panduan wawancara).
2. Analisis Data Penelitian
a. Validitas adalah suatu ukuran yang menunjukkan tingkat kevalidan dan keshahihan suatu instrument.
b. Rehabilitas adalah sesuatu yang sama diberikan kepada siswa dan akan selalu berada dalam ranking yang sama dalam kelompoknya.
c. Uji Normalitas adalah uji yang bertujuan untuk melihat apakah data bervariasi dari populasi terdistribusi norma. Pengujian normalisasi dari data dapat dengan menggunakan rumus Liliesorf.
d. Uji Homogenitas adalah uji yang dilakukan dengan menggunakan SPSS.
e. Uji Hipotesis adalah sebuah taksiran atau referensi yang dirumuskan serta diterima untuk sementara yang dapat menerangkan fakta-fakta yang diamati ataupun kondisi-kondisi yang diamati, dan digunakan sebagai petunjuk untuk langkah-langkah penelitian selanjutnya.

About these ads

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.